Apakah MLM Shaklee Haram?

Apakah MLM Shaklee Haram?
Assalamualaikum & salam sejahtera untuk pengunjung setia blog saya!
Dulu, saya orang yang anti MLM. Begitu mau mulai bisnis, eh MLM ya? Terus lari kayak ngeliat hantu.. Mungkin sama seperti anda saat ini waktu tahu Marketing Plan Shaklee menggunakan sistem MLM. Eits, jangan kabur dulu.. Baca sampai habis atau anda akan menyesal..😉

 

Ironisnya, sekarang saya malah jadi Leader MLM Shaklee. Aneh kan? 
MLM Shaklee di Indonesia/Malaysia sebenernya disalahartikan oleh banyak orang.. Seolah-olah MLM Shaklee menggunakan sistem Piramida yang menganiaya downline. Itu juga yang saya pikir dulu…
MLM kebanyakan: Kalau jadi upline, pasti otomatis jadi kaya raya selamanya sedangkan yang downline otomatis jadi sumber pendapatan si upline selamanya… Bener ga?
Sebenarnya awalnya saya join Shaklee karena saya suka sama produknya. Saya minum set menyusui utk banyakin & ngentelin ASI. Karena hasilnya keliatan, saya jadi sering beli produknya.. Kemudian saya berfikir alangkah hematnya kalau saya jadi member.. Bisa dapet harga lebih murah.
Sebelum Join, saya belajar ttg sistem MLM Shaklee. Ternyata MLM Shaklee sangat adil.. Walaupun saya jadi upline, tapi kalau tidak ada sales/penjualan, memang tidak dapat apa-apa. Bisnis Shaklee ini berdasarkan sales.. Jadi meskipun saya punya 1000 downlines tapi saya sendiri ga ada penjualan, saya akan dapat 0 alias ga dapat apa-apa. Untuk MLM yang lain, kebanyakannya meskipun baru dapet sponsor saja sudah dapet komisi kan? Bener ga? Makanya sebelum join bisnis apapun, harus tahu sistemnya gmn.. Jangan ikutan karena rame yang daftar.. Be Smart yaaa!
Di Malaysia, ada kriteria-kriteria MLM yang mengikuti Syariah & yang bukan Syariah. Pedoman ini ditulis oleh Ustadz Zaharuddin. Artikel lengkapnya bs dibaca di website beliau (http://zaharuddin.net/senarai-lengkap-artikel/38/262-multi-level-marketing–shariah-view.html)(dalam bahasa melayu).
Bentuk MLM yang Haram itu seperti apa?
Ada beberapa bentuk sistem MLM yang jelas keharamannya atau keraguannya, yaitu apabila ia menggunakan sistem berikut :
1. HARGA TINGGI DARI BIASA
Produk Shaklee ditawarkan dengan harga yang sangat sesuai. Contohnya Vitalea Shaklee ditawarkan dengan harga Rp. 246,000 untuk 120 tablet atau Rp. 2,200 satu tablet.
Malah utk harga member jauh lebih murah. Selain itu harga retail penjualan sudah ditetapkan oleh Shaklee Indonesia. Distributor dilarang naikkin harga se-enaknya.
2. Terdapat juga syarikat MLM yang melakukan manipulasi dalam menjual produknya, atau memaksa pembeli untuk menggunakan produknya atau yang dijual adalah barang haram.
Alhamdulillah, semua produk Shaklee adalah Halal. Semuanya ada sertifikat Halal. Kami tidak diperbolehkan memaksa customer utk beli produk. 

 

3. Produk MLM ini mestilah dibeli dengan tujuan yang sebenarnya (seperti produk yang benar-benar bermanfaat dan dibangunkan dengan serius seperti ubat-ubatan berkualiti, unik dan lainnya). 
Produk Shaklee sudah dijual & dipasarkan lebih 56 tahun di dunia. Produk Shaklee memiliki kualitas terbaik berdasarkan penelitian & testimoni pelanggan. Shaklee menjamin semua produknya AMAN, EFEKTIF dan ALAMI.

 

4. Produknya bukan emas dan perak yang boleh dijual beli secara tangguh. 
Sudah jelas, Shaklee tidak menjual emas/perak.
5. Komisyen yang diberikan kepada ahli untuk setiap penjual dan ahli bawahannya mestilah jelas. Tiada komisyen tanpa usaha, ini bermakna orang atas hanya berhak mendapat komisyen dari ahli bawahan yang dibantunya sahaja.
Setuju. Inilah yang terjadi di dalam bisnis shaklee. Tanpa usaha, anda tidak mendapat hasil/uang. Sistem Shaklee adil karena uang yg didapat tergantung seberapa kuat usaha anda. Mau uang banyak tapi nyantai? Maaf, Shaklee tidak bisa bantu.. Selain itu kerja sama yg bagus antara upline & downline sangat diperlukan. Team work is important!

 

6. Keuntungan dan komisyen bukan berdasarkan ‘kepala’ atau ahli yang ditaja, tetapi adalah berdasarkan nilai produk yang berjaya di jualnya. Ini diperlukan bagi membuktikan ia menumpukan kepada perniagaan penjualan produk dan perkhidmatan dan bukannya permainan wang (money game).
Upline tidak dapat apa-apa seperti komisi atau bonus seandainya downline tidak ada pembelian/penjualan. Jadi, dia hanya terdaftar sebagai member/downline kita saja, tanpa ada benefit untuk upline.
7. Setiap ‘upline’ atau orang di sebelah atas mestilah menaruh usaha atas jualan orang bawahannya, seperti mengadakan perjumpaan taklimat, motivasi dan teknik berkempen secara terancang seperti sebuah syarikat yang pelbagai ahlinya. Ia perlu bagi melayakkannya menerima komisyen itu dari sudut Shariah, jika tidak adalah dibimbangi ia akan terjerumus kepada keraguan ‘syubhah’. Ini kerana konsep niaga dalam Islam tidak membenarkan suatu keuntungan dari sesuatu perniagaan yang diperolehi tanpa usaha. Justeru, sedikit usaha perlu dicurahkan bagi menjadi sebab haknya ke atas komisyen. Perlu diingat, kebanyakan ahli di kaki yang 10 ke bawah, mungkin tidak mengenalinya lantaran ia dilantik oleh orang bawahannya yang kesembilan. Jika tidak, apakah haknya untuk mendapat komisyen yang demikian berangkai dan begitu jauh ?
Dalam Shaklee, leadership bonus hanya layak sehingga ke level 6 (untuk Shaklee Malaysia) tidak lebih dari itu. Coaching, motivasi, bimbingan untuk grup kami adalah 24/7 melalui Facebook Grup. 

 

9. Tidak menggunakan skim piramid iaitu skim siapa masuk dulu akan untung selamanya.Manakala hak mereka yang masuk kemudian akan berkurangan. Justeru, plan pemasaran mestilah memberikan hak kepada semua, malah orang bawahan mampu mendapat keuntungan lebih dari orang atasannya, apabila ia mampu menjual dengan lebih hebat.
“Siapa kerja lebih, dia dapat lebih” Ini adalah sistem MLM Shaklee. Sistem ini terbukti apabila ada downline yang naik level lebih cepat dari upline dan ada juga downline yang mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari upline. Menjadi upline TIDAK menjamin seseorang itu selamanya kaya, selamanya untung.

 

10. Mempersembahkan sistem komisyen dan bonus yang telus dan boleh difahami dan dipantau oleh ahli dengan jelas. Ia bagi mengelakkan segala jenis penipuan.
Penjelasan ttg sistem marketing & etika berbisnis ada di dalam starterkit. Semua peraturan yang sudah ditetapkan adalah tetap. Jika ada perubahan untuk tempo tertentu (misalnya 6 bulan), brosur, pamflet dan surat edaran akan dikeluarkan & Shaklee akan menjelaskan mengenai perubahan tsb. Tidak ada penipuan.

11. Menstruktur plan pemasaran di antara ahli dan orang bawahannya secara musyarakah iaitu perkongsian untung dan rugi berdasarkan modal masing-masing dengan nisbah pembahagian keuntungan yang ditetapkan di peringkat awal lagi
Ya. Sharing keuntungan & bonus dijelaskan secara jelas & transparan didalam buku manual.

Shaklee sudah terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)!

APLI – Organisasi Penentu Standar Etika Penjualan Langsung
Didirikan pada tahun 1984, Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) merupakan komisi dagang nasional yang bertujuan untuk mempromosikan industri penjualan langsung serta sebagai representasi dari industri ini. APLI berkomitmen penuh dalam penyelenggaraan praktik penjualan langsung yang adil dan etis di pasar. APLI menetapkan peraturan dan panduan bagi para anggotanya dalam penerapan praktik penjualan langsung.


Shaklee – Anggota Terkemuka APLI

Shaklee telah bergabung bersama APLI pada 2012 dan berkomitmen tinggi untuk menjalankan praktik bisnis serta layanan konsumen secara adil dan etis. Peraturan Kode Etik APLI telah memberikan panduan kerangka kerja sehubungan dengan konsumen dan pelaku penjualan langsung; pengaturan hubungan antara perusahaan penjualan langsung beserta segala sanksinya. Peraturan ini memastikan agar perusahaan penjualan langsung, seperti Shaklee, tidak akan membuat pernyataan atau janji yang dapat menyesatkan konsumen ataupun anggota penjualan prospektif lainnya.
(http://shaklee.co.id/eng/corporate.asp)
Masih kurang jelas? Silahkan hubungi kami!
Terima kasih telah membaca sampai habis.. Semoga pertanyaan anda terjawab dan sudah mengerti bisnis Shaklee yg sebenarnya.
Tertarik untuk join bersama kami? Silahkan isi formulir permohonan disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s